Permainan Engklek / Taplak Gunung / Sudamanda

permainan-engklek-ciplak-gunung

permainan-engklek-ciplak-gunung

Permainan Engklek atau taplak gunung atau juga sudamanda adalah permainan tradisional di indonesia. Permainan engklek ini sangat baik untuk anak – anak dikarenakan anak akan belajar bersosialisasi dan juga baik untuk kesehatan karena permainan ini cukup banyak gerakan sehingga mengurangi peningkatan obesitas pada anak.

Cara bermainya pertama kita menggambar di atas tanah ataupun di jalan 8 kotak dan setengah lingkaran di bagian atas sendiri. Lalu kita beri nomor pada masing kotak. Kemudian yang di gambar setengah lingkaran itu diberi nomor sembilan dan dibagian setengah lingkarannya diberi nomor sepuluh.

Permainan ini biasanya di mainkan oleh anak perempuan, tetapi anak laki-laki juga kadang ikut bermain. Setelah itu kalau jumlah pemainnya hanya dua orang cukup melakukan suit untuk menentukan siapa yang main terlebih dahulu. Tapi kalau lebih dari dua bisa lakukan dengan cara hompimpa. Akan tetapi kadang-kadang untuk menentukan siapa yang duluan bermain adalah dengan cara siapa yang lempar gacoannya yang berupa batu atau pecahan genteng tersebut, tepat pada kotaknya dan juga yang paling jauh pada nomor di kotaknya. Yang paling dekat akan mendapat urutan bermain pertama dan yang paling jauh mendapat urutan paling akhir. Lalu setelah itu pemain mesti meloncat dari satu kotak ke kotak lainnya dengan satu kaki, terserah mau kaki kanan atau kiri yang jadi tumpuannya.

Lalu kalau gacoannya sudah mencapai pada nomor sembilan, maka si pemain harus mengambilnya dengan cara menghadap ke belakang dan berjongkok, tangan kita gak boleh sampai menyentuh garis kotak, kalau sampai menyentuh garis kotak maka pemain tersebut gagal dan harus diganti pemain lainnya. Sebelumnya bertepuk tangan 3 kali, barulah mengambil gacoannya dengan menghadap ke belakang.

Kemudian yang terakhir jika si pemain sudah melempar gacoannya ke nomor sepuluh dan berhasil mengambilnya dengan cara yang disebutkan tadi, maka pemain tersebut berhak mendapat bintang. Yang perlu diperhatikan pada saat pemain akan mengambil gacoannya di tempat nomor sepuluh maka ia harus melompat dari nomor delapan ke nomor sepuluh, jadi nomor sembilan harus dilewati, tidak boleh menginjaknya. Disinilah anak-anak sering melakukan kesalahan dengan menginjak garis. Sebenarnya sih ini juga berlaku untuk gacoan yang dilempar ke nomor-nomor tertentu. Tempat-tempat yang ada gacoan si pemilik tidak boleh diinjak, harus dilewati. Dan juga pemain tidak diperbolehkan menginjak gacoan lawan.

Permainan engklek ini sangat bagus untuk melatih otot-otot kaki saat melompat, yah semacam olah ragalah dan juga melatih ketepatan dan kejelian dalam melempar gacoan ke dalam kotak yang akan dituju.

Terima Kasih Telah mengunjungi Artikel Kami 🙂

2.1  Visi dan Misi Taplak gunungPermainan Engklek

2.1.1  Visi Permainan Engklek

Visi Taplak gunungPermainan Engklek adalah memenuhi kebutuhan praktikum dari program studi Permainan Engklek. Dan program studi Permainan Engklek ditntut untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja akan tenaga terampil dalam bidang engklek dan permainan, yang mampu beradaptasi profesi secara profesional, bertindak sebagai sumber daya manusia pelaksana pembangunan yang berbudi luhur dan pancasilais.

2.1.2  Misi Taplak gunungPermainan Engklek

Misi Taplak gunungPermainan Engklek adalah menyelenggarakan pendidikan profesional yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli madya permainan yang mempunyai keahlian dan penguasaan terhadap teknologi           informasi dengan dukungan permainan sehingga mampu menganalisis           serta merancang bangun indonesiainformasi berbasis permainan.

2.2  Organisasi Permainan Agribisanis

2.2.1  Struktur Organisasi

Adapun struktur Taplak gunungPermainan Engklek di Politeknik negeri Anak anak dapat digambarkan  sebagai berikut :

Gambar 2. Struktur Organisasi Taplak gunungPermainan Engklek

Deskripsi Pekerjaan  dari stuktur organisasi di atas adalah sebagai berikut :

  1. Kepala laboratorium

Menyusun rencana, memberi petunjuk, mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan praktikum yang dilaksanakan di taplak gunungmasing-masing, berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

  1. Teknisi Bagian Administrasi

Bertugas untuk menyelesaikan semua permasalahan administrasi Laboratorium. Seperti keluar masuk barang inventori lab, surat – surat peminjaman dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pihak luar.

  1. Teknisi Bagian Maintenance

Bertugas mempersiapkan lab setiap ada praktikum dan juga merawat permainan agar kegiatan praktiukum tidak terganggu karena banyak permainan yang bermasalah.

2.1.1  Ketenagakerjaan

Ketenagakerjaan Taplak gunungpermainan Engklek Politeknik negeri Anak anak adalah sebagai berikut :

Tabel 1. Tenaga Kerja Taplak gunungPermainan Engklek Politeknik Negeri  Anak anak

Ditandai:, , , ,

3 komentar di “Permainan Engklek / Taplak Gunung / Sudamanda

  1. anya indah primlya riyanto Maret 7, 2014 pukul 7:16 am Reply

    wah main taplak seru ya… dari satu sampai sembilan dan dapat bintang berapa saja misalnya satu.dua.tiga.empat.lima.enam.tujuh.delapan.sembilan dapeti semuanya bintang ya…! ok eggak

  2. Tan Mei 25, 2016 pukul 1:21 pm Reply

    jadi inget permainan masa kecil. sekarang sudah jarang dimainkan permainan seperti ini padahal bagus untuk keseimbangan tubuh. 😦

  3. TAPAK GUNUNG – caseemperor2 Agustus 5, 2016 pukul 11:25 pm Reply

    […] Permainan engklek ini sangat bagus untuk melatih otot-otot kaki saat melompat, yah semacam olah ragalah dan juga melatih ketepatan dan kejelian dalam melempar gacoan ke dalam kotak yang akan dituju. […]

Tinggalkan komentar